Wednesday, 28 December 2011

Plus Minus Tidur Siang Bagi Tubuh


Tidur siang diketahui bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Tapi ternyata beberapa orang justru tidak mendapatkan manfaat tersebut. Ketahui plus minus dari tidur siang bagi tubuh.

Mendapatkan tidur siang yang singkat bisa membuat orang lebih produktif. Namun bagi orang yang memiliki insomnia maka tidur di siang hari bisa menjadi kontraproduktif.

Untuk itu ketahui plus minus yang bisa didapatkan seseorang dari tidur siang agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri, seperti dikutip dari Foxnews dan Mayo Clinic, Rabu (28/12/2011) yaitu:

Keuntungan tidur siang
1. Jika tidak memiliki masalah dengan tidur malam hari, maka tidur siang bisa mengurangi gejala kelelahan yang timbul serta membuat seseorang lebih produktif setelah bangun tidur.

2. Studi tahun 2008 menemukan tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan fungsi memori, dan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang menurunkan tekanan darah.

3. James Wyatt, direktur Sleep Disorders Service and Research Center dari Rush University Medical Center di Chicago menuturkan orang dengan narkolepsi (serangan tidur mendadak) akan mendapatkan manfaat dari tidur siang.

4. Bagi orang dewasa yang sehat, tidur siang bisa memberikan relaksasi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja termasuk reaksi yang lebih cepat serta mengurangi angka kecelakaan.

Kerugian tidur siang
1. Jika memiliki insomnia, maka tidur siang bisa menimbulkan masalah karena akan memperburuk gangguan tidur yang dimiliki saat malam hari. Ralph Downey III, direktur Sleep Disorders Center di Loma Linda University Medical Center di California menuturkan sedikit tidur siang bisa berdampak pada insomnia di malam hari.

2. Setelah tidur siang biasanya seseorang akan merasakan pusing dan bingung karena tubuh cenderung mempertahankan diri dalam keadaan istirahat atau hanya sedikit bergerak.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang, sebaiknya tidur selama 10-30 menit karena semakin lama tidur bisa membuat orang semakin pusing saat bangun, dan ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman.

Setelah tidur siang, pastikan memberikan sedikit waktu bagi tubuh untuk beradaptasi sebelum melanjutkan kegiatan terutama jika membutuhkan respons yang cepat atau akurat, karena itu perkirakan waktu kapan harus bangun.

(sumber : http://www.detikhealth.com)

2 komentar

...jarang tidur siang nih,....sibuk cari $ ..hahaha, btw posting bagus juga nih... mksh..kang Her...

huakakakakaak..... seep kang
:b:

Silahkan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Dan jangan meninggalkan link hidup ya, Terimakasih :)
EmoticonEmoticon