Monday, 26 December 2011

Tips bagi yang Stres

Stres adalah bagian dari hidup kita. Definisi stres yang beragam menunjukkan bahwa stres adalah persoalan yang tidak sederhana sebagaimana manusia yang juga makhluk yang tidak sederhana, bahkan merupakan puncak kompleksitas makhluk. Diantara definisi stres adalah dari Vincent Cornelli. Dia mendefinisikan stres sebagai gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan dan tuntunan kehidupan, yang dipengaruhi oleh lingkungan maupun penampilan individu didalam lingkungan tersebut.Sangat banyak hal yang dapat mendorong munculnya stres. Boleh jadi semua persoalan hidup atau berbagai peristiwa yang terjadi. Sebagian besar para peneliti menggunakan definisi stres yang diusulkan oleh Hans Selye. Definisinya dianggap paling baik hingga sekarang. Dalam bukunya The Stress Of Life, Hans Seyle mendefinisikan stres sebagai respon yan tidak spesifik dari tubuh terhadap tuntutan yang diterimanya. Suatu fenomena universal dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dihindari. Setiap orang mengalaminya.
Stres menurut aku adalah suatu keadaan dimana fikiran lebih banyak bekerja dikarenakan banyak hal yang terjadi diluar keinginan kita. Hahahah...ntah ya tu..Daripada kita terus memikirkan definisi stres itu apa,lebih baik kita lakukan beberapa hal yang dapat mengurangi stres itu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu mengurangi stres. Check this out...
1. Gerakkan badan, olahraga ringan . Adalah cara untuk mengelola stres yang tidak harus menambah kesengsaraan keuangan kamu. Sebagai contoh, berjalan kaki 20 menit atau jogging di sekitar rumah kamu dapat menghasilkan hingga 12 jam perbaikan suasana hati.
2. Tertawa. Tertawa benar-benar merupakan obat terbaik. Hal ini terbukti, tertawa akan menghasilkan ketegangan yang lebih rendah, dan pada saat yang sama, meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung kamu. Menyewa film lucu atau nongkrong dengan teman, dan melupakan kekhawatiran kamu untuk sementara waktu adalah hal yang bisa dilakukan.
3. Menulis. Meluangkan sedikit waktu setiap hari nya untuk menulis tentang situasi yang mengganggu kamu dapat mengurangi ketegangan dan memberikan bantuan stres pada hari itu.
4. Bersosialisasi. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga. Bercerita, bersenang-senang, membuat stres kamu dapat berkurang.
5. Jagalah dirimu. Ketika ketegangan meningkat, tetap berfikir positif, makan makanan yang sehat, dan istirahat lah dengan cukup.
6. Carilah udara segar. Jika kamu terkurung di dalam rumah sepanjang hari, segera lah keluar beberapa menit untuk mendapatkan udara segar dari luar dan melihat matahari. Sedikit waktu di luar ruangan dapat meningkatkan mood kamu dan membantu kamu bersantai.
7. Berfikir positif. Fikirkan tentang dirimu sendiri yang positif setiap hari. Berfikir negatif hanya membuat kamu merasa buruk dan akan meningkatkan stres. Katakan pada diri kamu sendiri kamu dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik, dan yakin pasti bisa!
9. Merenung. Lakukan meditasi ringan ketika kamu merasakan ketegangan meningkat.
10. Bersyukurlah. Berterima kasihlah kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih dan bersyukur untuk kejadian2 positif yang pernah ada di kehidupan kamu.
11. Membuat perubahan. Terkadang cara terbaik untuk mengilangkan stres adalah dengan cara menghapus sumber ketegangan. Jangan terbiasa membuat suatu hal itu menjadi beban. Tetap jalani dengan santai dan fikiran yang tenang..

Lebih kurang tu tips yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat kawaaaaaaan....
(Sumber: berbagai sumber)

Silahkan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Dan jangan meninggalkan link hidup ya, Terimakasih :)
EmoticonEmoticon