Kamis, 26 Januari 2012

Cara Upgrade Samsung Galaxy W (Wonder) ke Gingerbread 2.3.6

Pada kesempatan kali ini saya akan share tutorial tentang cara upgrade samsung galaxy w (wonder) ke gingerbread 2.3.6 EURO version. dikarenakan EURO version jadi gak ada bahasa indonesianya..heheheh..

Ok langsung aja ke TKP. . . .

  1. Pertama download dulu rom gingerbread 2.3.6 disini
  2. Kemudian ekstrak file rar yang sudah didownload tadi (isi dari file rar : odin downloader, ops ancora, dan gingerbread 2.3.6 md5 format
  3. setelah diekstrak masuk ke folder hasil ekstrak tadi, kemudian buka odin downloadernya
  4. sekarang matikan si Galaxy W, kemudian masuk ke download mode
  5. untuk masuk ke download mode ikuti perintah dibawah ini :
    tekan [tombol volume - ] + [tombol home] + [tombol power]
  6. setelah masuk ke download mode, tancapka kabe data ke Samsung Galaxy W (Wonder) kemudian hubungkan ke PC / Laptop anda.
  7. note : sebelumnya harus sudah ada driver samsung, agar handphone dapat di baca di komputer / laptop, jika belum ada download drivernya disini, setelah selesai install driver tersebut
  8. setelah ditancapkan kembali lagi ke odin downloader yang telah dibuka tadi, kemudian perhatikan pada bagian COM PORT Mapping, jika si Galay W sudah terbaca akan muncul warna kuning dan angka pada COM PORT Mapping tersebut
  9. setelah itu pili Select OPS (nomer 1), kemudian arahkan ke folder hasil ekstrak tadi dan pilih ancora.ops
  10. setelah selesai, kemudian centang one package(nomor 2, pada gambar)
  11. kemudian pilih menu one package (nomor 3, pada gambar), dan pilih file I8150XXKK1_I8150OXXKJ6_I8150XXKK1_HOME.tar.md5
  12. setelah semuanya selesai di setting, klik tombol START..tunggu hingga proses selesai (-+10 menit)
  13. jika proses selesai pada COM PORT Mapping akan muncul tulisan PASS dengan Background berwarna biru
  14. jika semua proses sudah selesai cabut kabel data pada si Galaxy wonder dan lihat versi firmware pada handphone anda

58 komentar:

  1. Askum gan aku mau tanya smalh android ku ini.Smlam q coba menggnti bootanimasi di galaxy wonder.Trs knpa bootanimasinya g mau hilang dari screen?Home screen,menu smua g bs dbuka ketutup sma boot animasi itu.Tlong mnta pencerahannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmm...hapus file custom boot nya melalui adb shell gan..mungkin cara ini cukup efektif..jika di wipe pun tidak akan mempan..karena systemnya yang kita otak atik utk ngubah bootnya

      Hapus
  2. Salam, gan, saya baru aja semalem beli galaxi wonder. Kira-kira untuk optimalin penggunaannya, nih wonder perlu ditambahin/diupgrade/disettingin/dipasangin apa aja ya? masih newbi nih di dunia perandroidan. Thanks ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk upgrading gak perlu di lakukan, karena rom bawaanya udah stabil :)
      untuk optimasi bisa aganwati install advance task killer dari market.. fungsinya utk menghemat daya dan mematikan aplikasi2 yang masih aktif :)
      tinggal di setting sesuai kebutuhan auto kill nya....
      untuk optimasi system androidnya bisa pakai aplikasi android system cleaner... fungsinya ngapus cache,background process,dan history.
      saya rasa untuk optimasi kedua tools tersebut sudah cukup :)

      Hapus
  3. kenapa ya galaxy w saya boros batrenya...
    hanya bisa bertahan 6-7 jam saja baik hdup maupun mati...
    apa ada yang salah dengan settinganx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @yoda saputra : coba brighnetss nya di kurangi mas.. terus network data nya dimatikan aja kalau gak di pakai..
      untu settingannya ada di menu settingan semua..
      ex : pengaturan brightness = setting > display > brightness
      utk network data = setting > wireless and network > mobile network > use packet data.

      biar hemat lagi pakai aplikasi advanced task killer mas aplikasi yang aktif secara otomatis di matikan oleh aplikasi tersebut.. tinggal disetting aja..

      semoga membantu :)

      Hapus
    2. permisi om....sy jg pake galaxy W dan sy mau pake aplikasi advanced task killer dimarket yg om sarankan tapi kok gak nemu2 ya om !!!
      sorry newbi....minta petunjuknya
      terima kasih

      Hapus
  4. Kalau mau pake ICS itu harus cusrom alias ga bisa ya? liat thread di atas sih kayanya emang ga usah diapa2in ya? tapi kalo mau ngacir gimana ya, yang ga besar resiko dan mudah...newbie juga di android

    BalasHapus
  5. versi ics dari samsungnya belum ada untuk gal-W mas..(dari info yang beredar mungkin bakalan gak ada)..

    bisa-bisa aja mas kalau mau ics run di gal-W..hanya saja belum stabil dan blum banyak aplikasi yang bisa jalan di gal-W..conthonya kayak usb teathring dan camera..

    sebenernya tergantung kebutuhan aja sih mas..kalau mau tampil beda jawabannya adalah custom rom (custom rom tampilan nya keren-keren)..kalau mau stabil jawabannya adalah stock rom bawaan samsung..

    semuanya pasti pnya resiko mas..hehehehehe.. kalau gak mau besar resiko ikuti perintah-perintah instalasi dengan hati-hati dan teliti..pasti aman-aman aja kok mas...hehehehe

    BalasHapus
  6. mau tanya gan...
    efek sampingnya setelah upgrade apa ya gan?
    brrti saya instal driver samsung dl,baru donlod ROMnya dan seterusnya gan?
    maklum belum ngerti gan..
    terima kasih atas pencerahannya..

    BalasHapus
  7. efek sampingnya gak ada gan :) . . . .
    iya gan..install dulu driver samsung usb nya.. trus donlod rom nya.. ntar di dalam archive rom tersebut ada aplikasi odin yang digunakan untuk upgrading... :)

    BalasHapus
  8. Mau tanya gan..
    gw pake aplikasi conectify buat share internet dari laptop ke hp ane. Di galaxy wonder ane gak terdetect wifinya gan, tapi gw coba d samsung galmin bisa.
    Mohon pencerahannya gan.. makasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...kurang tau jga ane gan.... di ane sih gak ada masalah..
      coba upgrade connectify nya gan...
      jikalau tidak bisa jga coba di wifi lain gan...

      kalau tidak bisa jga..berarti ada masalah di wondernya..coba lakukan wipe factory...

      Hapus
  9. gan, semalam ane update firmwarenya, trus ane ketiduran pas prosesnya,... bru ane bangun hp ane dh ga isi program gara" error downloadnya gan.,..

    gmn solusinya gan?
    skrg blank hp ane...

    BalasHapus
  10. Gan ane pakai galaxy wonder,ada gak sofwer penagatur jaringan internet
    karena ane harus tetap on untuk cek email masuk tapi kalau on terus batrenya boros banget ada gak ya sofwer on of dalam waktu tertentu,mohon solusinya gan.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan..npa aplikasinya Apn+ ada dimarket..ntar tinggal disetting scedulenya..semoga membantu :)

      Hapus
    2. Ralat gan...sory aplikasi diatas mmbutuhkan aplikasi pndukung...aplikasi pndukungnya berbayar..nah utk yg freenya nama aplikasinya droid scheduler..free di market..silahkan dicoba :)

      Hapus
  11. gan tanta donk...
    gw pgn custom rom nih.
    cara backup rom bawaan sgw gimana ya..?
    full backup gitu.
    tq sblm.a.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau full backup pakai Recovery CWM aja gan..ntar kalau ada masalah tinggal restore via recovery cwm jga..
      yang di backup oleh CWM backup :
      1.system + aplikasi yang telah terinstall
      2.cache

      cara install recover cwm : shareiniitu.blogspot.com/2012/07/cara-install-recovery-clcok-work-mod.html

      Hapus
    2. itu butuh brp mb ya...?
      coz sdcard gw cuman 2gb sisa 300mb doqnk.

      Hapus
    3. backupnya tergantung total sytem + app yang terinstall gan...
      hasil backupnya tersimpan di memory sdcard dalam hp..bukan dalam slot eksternal

      galaxy W memiliki sdcard 1.7 GB yang ditanam.. dan jga memiliki eksternal slot sd card up to 32 GB..
      naah hasil backup akan disimpan ke dalam 1.7 GB tersebut.. soo luangkan space yang di 1.7 GB...

      Hapus
    4. lah brt backup.a di internal ya?
      bkan.a masuk di external?

      Hapus
  12. SAYA SUDAH MENCOBA BUAT MELAKUKAN UPGRADE SESUAI PROSEDUR DI ATAS TP KOK TIDAK ADA PERUBAHAN PADA FIRMWARE GALAXY WONDER SAYA YA?

    BalasHapus
  13. mungkin firmware yang telah tertanam di galaxy wonder anda sudah sama versi nya yaitu 2.3.6.. yang beda seri firmare nya..firmware untuk indonesia yang terbaru saat ini adalah gingerbread 2.3.6 DXLM2...otomatis device yang sekarang dijual di pasaran sudah tertanam versi terbaru.. :)

    pada awal produksi galaxy wonder firmware yang digunakan masih gingerbread versi 2.3.4 seperti punya saya ini contohnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebelumnya saya sudah melakukan software update dari 2.3.5 ke versi 2.3.6.

      yaaahh kecewa dehh.. berarti value pack tsb hanya bisa dinikmate pengguna yang membeli galaxy wonder yg sudah tertanam versi versi terbaru??

      Hapus
    2. bukan bgtu maksud saya..smw pengguna galaxy w bisa menikmati kok... yang saya jelaskan diatas hanyalah penjelasan sekilas tentang versi os yang tertanam antara yang produksi lama dan produksi baru..
      malahan sekarang sudah keluar valuepack yang versi asia nya..

      Hapus
    3. pnya gw baru bli dah 2.3.6 gingerbread kok.
      maksud kang aditya tuh sgw yg kluaran bru" nie.

      Hapus
  14. malam gan,
    ane dlod cusrom buat gala-w, tapi ko file .ops sama .tar.md5 ga ada di file donlotannya.
    ane udah coba dlod cusrom yg laen (kezra, cyanogen) tpi ttep g ada file itu.
    file itu emang kepisah ato gimana ya?
    mohon pencerahannya, ane bingung :(

    BalasHapus
  15. custom romnya mungkin langsung di flashing dari galaxy W nya gan...dengan menggunakan recovery.biasanya recovery CWM ato RZRecovery... coba baca di guide instalasi nya gan...

    rata-rata semua custom ROM di flashing lewat CWM..utk konversi ke md5 ribet lagi..panjang urusan..heheheh

    yang md5 biasanya stock rom...

    untuk instalasi CWM recovery ada di
    http://shareiniitu.blogspot.com/2012/07/cara-install-recovery-clcok-work-mod.html

    BalasHapus
  16. assalam mau nanya om??


    galaW saya cuma hidup sampai tulisan samsung galaxy wonder gt18150

    dan tetep itu terus...

    gara" font dalam folder font orisinil saya hapus kemudian saya restat lalu sepeti itu


    solusi ngidpin lai gman om ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah...harus di flashing ulang sepertinya..
      kalau kita mau copy font bisa2 aja sih..melalui recovery...tapi kita harus tau font-font apa aja yang udah diremove tadi..

      Hapus
  17. sore .
    klo update ke 2.3.6 garansi hilang ngga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak gan..soalnya ane udah kejadian di samsung galmin yang udah di upgrade + diroot..trus disuatu ketika rusak hardwarenya..ane bawa ke customer servicenya..dengan garansi bawaan dya..aman-aman aja tuh gan..itu dari pengalamn saya sendiri

      Hapus
  18. gan maaf nih waktu ane upgrade ke cyanogenmod 9 alpha 8 khan berhasil, tapi kok pas main game force close ya ?

    BalasHapus
  19. hmm..coba hapus folder game yang errornya.. baca dlu pesan force closenya..
    contah force close pada com.blalblaa.blabla ..
    nah cari deh folder data yang com.blalblaa.blabla tersebut..

    carinya di /system/data atau /sdcard/android/data (biasanya didaera2 situ)

    moga bisa membantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini mas, saya udah unroot samsung galW saya, kok pas buka aplikasi yqng ada ads kok ads nya gaada?atau unrootnya gagal?kalo unroot kan pasti ads nya muncul kan? mohon pencerahannya mas

      Hapus
  20. mlam gan, ane mw flash Sgw ane pake odin tpi hpnya gak mw terhubung ama odinnya, gak ada warna kuning pada comportnya, laptop ane win7. tolong pencerahannya.

    BalasHapus
  21. Driver samsungnya udah di install blum gan??
    biasanya masalahnya sih itu..drivernya blum terinstall

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih ane udah install USB driver samsung mobile v1_3_2300_0 tapi teteup juga gak ke detek ama odinnya. ada rekomendasi bwat usb drivernya gak gan?

      Hapus
  22. gan kenapa ya setelah sata beberapa kali flash stoc rom kok tiba2 hp saya tidak ada jaringan internetnya,,,,,tapi sinyal ad,padahal hp saya flah dengan cara yang benar.mohon pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...di settingan apn mobile broadband nya dah bener gak gan?? klu blum ada coba add (tambahkan) secara manual sesuai dengan provider yang agan gunakan..
      semoga membantu gan...

      Hapus
  23. Misi gan, ane udah nyoba ngeflash firmwarenya. tpi pas rebootnya ngulang-ngulang terus. ane mau balik dari custom rom ke rom aslinya. mohon bantuannya

    BalasHapus
  24. wooh..coba lakukan factory reset (wipe data + wipe cache) melalui recovery mode gan..
    semoga membantu gan..sory telat balesnya.. baru sempet online :)

    BalasHapus
  25. misi gan..
    ane baru aja upgrade samsung galaxy w ane ke ICS..
    kameranya tidak bisa terhubung alias gak fungsi..
    itu solusinya bagaiamana..??

    BalasHapus
  26. ICS nya dari CM9 ya?? kalau iya yang build ke berapa?? pasih masih alpha version..

    di xda udah ampek Beta build 4 ... camera berjalan dengan lancar.. bugs pun gak ada.. ini link nya gan.. check it out http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1576874

    BalasHapus
  27. permisi, kok saya udah upgrade pake cm9 tapi kamera depan gak bisa ya? terus kok video call gak bisa? solusinya gimana yaa?

    BalasHapus
  28. kok lama ya udh 20 mnit lbih tpi g mncul PASS...
    apa x yg slh..yg dgnkan odin multi 4.43 bkn 4.38 yg d gambar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti slot usb nya mas..kalau kagak mau juga..coba di komputer / laptop yang lain.. soalnya ane pernah ngalamin juga..

      Hapus
  29. boos. . . .
    minta pencerahannya duuun.. . . .

    Android ku GalWond uda upgrade JeBe 4.1.2 pake CWM10 kl g salah. masalah nya kl pas reboot itu bootanimation nya kgak ada. soalnya aku sering ganti ganti bootanimation.zip nya akhirnya malah tampilan nya blank tp masih bisa masuk homescreen nya kok cuma bootanimation nya g ada alias blank. kl ganti ganti, blank lagi dan begitu seterusnya.

    mohon pencerahannya boos. . . .
    makasih sebelumnya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di check bootanimation.zip di /system/media.. kalau ada, berarti resolusi bootanimation nya gak sesuai..dan mngkin bisa jadi bootanimation.zip nya rusak..

      misalnya kagak ada si bootanimation.zip di dir diatas..silahkan copas aja file di lokasi tersebut mas :)

      Hapus
  30. Askum...gan w au tanya nih.
    W kan pnya hp wonder gt_I8150 dan kemarin abis w upgrate ke versi yang di maksud agan...trz tdinya kan ad bahasa arab ada inggris cma yang g ad indonesianya nah bgtu w lihat nih postingan w akhirnya cba n alkhmdllh berhasil...tp stelah wat sms wat facebook kan dan karna w lg d saudi kan banyak yang sms pke bhsa arab tuh tp pnya w stlh w upgrate tdk ad bahasa arabnya dan w pengin w kembaliin k pengaturan awal yang ad bahasa arabnya tuh gmna gan caranya ...mksih n wslm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumssalam... hmm.. rom yang di atas emang gak ada arab nya gan...region nya beda.. kalau mau balik lgi yang ada arab nya..harus flashing rom yang region bwt saudi arabia..

      Hapus
  31. Bagi pengguna galaw gk usah sedih karena gk dapat update dari samsung,,,,!!
    Tapi kita bisa update sendiri,,,,,,,


    Aky sendiri Uϑαђ pakek android 4.1.2 jelly bean dan nyaman di pkek gk kayak os aslinya yang 2.3.6 sangat boros dan lemoooooottt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas broe.. malahan sekrng lgi di kembangin yang JB.. tp ada sedikit masalah di camera nya :)

      Hapus
  32. gan setelah saya instal galaxi W ke ICS saya tidak bisa membuka file office..masalahnya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi buat office nya udah ada blum mas ?.. :)
      misalnya quickoffice atau king office.. kalau blum ada ada di playstore mas..

      Hapus
  33. Gan, kok type file nya setelah di ekstrak MDS file
    malah eror pas di klik Odinnya di Start , kenapa ya Gan ?? Odin [ Multi Downloader has encountered a problem and needs to close. we are sory for the inconvenience ]
    gitu eror nya gan ??
    knp ya ??

    BalasHapus
  34. Mohon maaf mas..saya mau nanya nicgh...saya ada upgrade HP galaxy w saya ke jelly bean 4.0..tapi sesudah saya upgrade aplikasi file managernya koq memorial hanpone Dan memori card tidak bias terbaca(error).trust kalo mau download aplikasi d play store...selalu error Dan aplikasi browser ga bisa men download.tolong mas solusinya.

    BalasHapus